Jenis Mainan Anak Sesuai Pertumbuhan Usianya

Jenis-Mainan-Anak-Sesuai-Pertumbuhan-Usianya
Gambar dari Canva
Agar tidak bosan selama di rumah saja, anak-anak butuh kegiatan yang juga bisa mengeksplor kemampuannya. Orang tua bisa memberikan mainan edukasi yang bisa dimainkan si anak. ada banyak jenis mainan edukasi yang bisa diberikan kepada si anak. Agar lebih bermanfaat, orang tua sebaiknya memberikan mainan edukasi sesuai dengan pertumbuhan usianya.

Mainan Anak Sesuai Pertumbuhan Usia

Nah, berikut ini ada beberapa jenis mainan edukasi yang bisa diberikan kepada si anak menurut usianya.

1. Untuk bayi

Untuk bayi di bawah satu tahun, mainan edukasi yang bisa orang tua berikan adalah :

  • Kerincing putar

Mainan kerincing putar biasanya digantung di atas tempat tidur sehingga si anak bisa melihatnya ketika dalam posisi terlentang. Mainan ini mampu merangsang fokus perhatian dan juga penglihatan bayi.

  • Mainan lainnya yang menimbulkan bunyi

Contohnya adalah alat musik warna-warni. Dengan permainan ini, anak diajak untuk mencari dan menemukan sumber suara.

2. Untuk balita

Setelah usia satu tahun, mainan yang diberikan kepada si anak pun berganti. Kemampuan si anak bertambah karena sudah bisa mengidentifikasi fungsi dari suatu benda dan membedakan warna. Jenis mainan yang cocok di antaranya adalah:

  • Ring donat

Dengan mainan ini, anak dilatih kemampuan motorik dan kemampuannya dalam mengenali warna.

  • Bola

Bermain bola tidak hanya melatih motorik anak, namun juga mampu melatih koordinasi tangan dan mata serta ketangkasannya.

  • Mainan peran

Orang tua bisa memberikan mainan masak-masakan, boneka, peralatan dokter, atau jenis lainnya. Permainan jenis ini tidak hanya membantu anak mengenali jenis-jenis peran yang dilakukan orang dewasa, namun juga membantu perkembangan sosial dan emosionalnya.

3. Untuk pra sekolah

Mainan yang cocok untuk anak pra sekolah adalah sebagai berikut:

  • Mainan seni dan kerajinan

Orang tua bisa mengajak anak menggambar atau melipat kertas untuk melatih kreativitasnya dan menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Susun balok

Permainan keterampilan lainnya adalah susun balok. Anak akan diajak untuk memecahkan masalah agar susunan baloknya bisa tersusun dan tidak roboh.

  • Puzzle

Mainan ini mampu meningkatkan koordinasi, ketangkasan, dan kemampuan berpikir logis.

4. Untuk anak SD

Mainan yang cocok untuk anak SD sebaiknya adalah mainan yang bisa mengarahkan minat dan bakatnya. Untuk itu, orang tua bisa memberikan mainan berupa alat musik, permainan kartu, catur, hingga mainan sains.

Nah, itulah jenis-jenis mainan edukasi yang bisa diberikan kepada anak sesuai dengan umurnya. Dengan memberikan mainan tersebut kepada anak selama masa karantina mandiri di rumah saja, orang tua tetap bisa melakukan pekerjaannya dan anak juga senang karena memiliki mainan yang bisa mengeksplor wawasannya.

Pada masa seperti ini, kemampuan parenting menjadi sangat penting. Orang tua perlu untuk mempelajari kemampuan parenting terbaik agar anak tidak cepat bosan dan mau beraktivitas di rumah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *