5 Tips Memilih Trekking Pole yang Bagus untuk Pendaki

5-Tips-Memilih-Trekking-Pole-yang-Bagus-untuk-Pendaki
Gambar dari Canva Pro

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung atau trekking, tentu peralatan yang dimiliki harus lengkap demi menjamin keselamatan. Salah satunya adalah trekking pole atau tongkat pendakian. Alat yang satu ini memiliki fungsi penting yaitu mempermudah Anda dalam menyusuri medan pendakian yang tergolong sulit. Alat ini mudah sekali ditemui di pasaran, bisa dibeli secara offline maupun online.

Tips Beli Tongkat Pendakian

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda berpikir bahwa alat ini adalah tongkat biasa. Namun sebenarnya tongkat ini sudah didesain secara khusus untuk kegiatan mendaki. Oleh sebab itu keberadaan alat ini tidak bisa digantikan dengan tongkat biasa demi alasan keamanan. Berikut adalah 5 tips memilih tongkat mendaki yang bagus dan aman bagi para pendaki:

1. Pilih yang Ringan dan Kuat

Sangat direkomendasikan untuk memakai jenis tongkat yang bobotnya ringan namun tetap kuat. Hal ini bisa diketahui dari jenis bahan yang digunakan. Biasanya bahan karbon dan aluminium paling sering digunakan untuk membuat tongkat mendaki. Bahan ini bersifat ringan namun tetap kuat untuk menopang tubuh ketika melakukan trekking.

Kekuatan dari bahan yang akan digunakan oleh tongkat ini sangat penting untuk diperhatikan. Anda tentu tidak boleh mempertaruhkan keselamatan dengan memilih tongkat trekking yang kurang kokoh. Selain itu, bahannya juga harus ringan agar lebih mudah dibawa dan tidak membebani Anda selama melakukan trekking.

2. Pilih yang Disertai Flip-Lock

Ada beberapa jenis tongkat trekking yang tidak disertai dengan flip-lock. Sebaiknya, pilihlah jenis tongkat trekking yang ada fitur flip-lock. Fitur ini sangat berfungsi untuk mengunci dan mengaktifkan shock. Shock itu sendiri merupakan peredam getaran yang bisa bekerja efektif untuk mengurangi rasa nyeri di bagian tangan khususnya pada area siku ketika mendaki.

3. Sesuaikan dengan Postur Tubuh

Selama mendaki, Anda akan membutuhkan trekking pole yang nyaman dan memang bisa menopang tubuh dengan baik. Oleh sebab itu, pilihlah jenis tongkat trekking yang ukurannya sesuai dengan postur tubuh Anda. Perlu diketahui bahwa produk ini beredar di pasaran dengan ukuran yang berbeda-beda.

Pada dasarnya memang tongkat trekking ini sudah dibuat sesuai dengan standar ukuran manusia. Namun karena ukuran tubuh manusia berbeda-beda maka lebih baik disesuaikan kembali. Pastikan bahwa tongkat trekking yang dipilih memang pas untuk digunakan sesuai ukuran tubuh jadi akan terasa nyaman.

4. Perhatikan Desain Handle

Salah satu bagian penting dari tongkat trekking adalah handle-nya. Pastikan bahwa tongkat yang Anda pilih memiliki bagian handle yang nyaman untuk digenggam. Busa dan karet merupakan jenis bahan yang paling sering digunakan pada handle tongkat trekking.

Dari dua jenis bahan tersebut, handle dari bahan busa lebih direkomendasikan. Bahan ini terasa ringan dan lebih empuk ketika digenggam. Selain itu bagian handle yang terbuat dari bahan busa juga akan lebih mudah menyesuaikan dengan bentuk tangan. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa bahan busa ini jauh lebih nyaman dijadikan pegangan tongkat trekking.

5. Pilih yang Praktis

Sangat disarankan untuk memilih jenis tongkat trekking yang desainnya memang praktis. Misalnya adalah tongkat trekking yang mudah dilipat dan bisa dibawa kemanapun dengan mudah. Tongkat yang ringkas dan praktis akan mempermudah Anda untuk membawanya sebelum digunakan trekking.

Itulah tadi 5 tips memilih trekking pole yang bagus bagi para pendaki. Anda bisa membaca review tongkat ini dulu sebelum membeli. Ulasan lengkap dan saran produk bisa dibaca lewat platform SehatQ. Tak hanya memberikan informasi menarik seputar kesehatan, SehatQ juga berbagi informasi mengenai kegiatan olahraga juga kecantikan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *